Kamis, Januari 20, 2011

Ikatan Mahasiswa Akuntansi Indonesia (IMAI)


Salah satu tugas pengurus HMJA FEUB sesuai dengan fokus eksternal yang tertuang di GBHO adalah menjaga dan meningkatkan hubungan baik dengan universitas lain, khususnya melalui IKAMA (Ikatan Mahasiswa Akuntansi) dan JMAI (Jaringan Mahasiswa Akuntansi Indonesia). yang saat ini bernama IMAI. Nah, IMAI akan kita bahas terlebih dahulu di artikel ini.

Sejarah dan Perkembangan JMAI (Jaringan Mahasiswa Akuntansi Indonesia)

Mengingat semakin kompleksnya kepentingan mahasiswa untuk mengakses hal-hal yang berkaitan dengan dunia akuntansi dari bebbagai pihak yang berkompeten, seperti IAI, perusahaan dan pemerintah, maka seluruh mahasiswa akuntansi Indonesia sepakat untuk melakukan suatu kegiatan saling bertukar informasi atau sharing antar mahasiswa akuntansi se-Indonesia. Kegiatan ini bertujuan agar para mahasiswa akuntansi dapat mengetahui segala perkembangan yang terjadi di Indonesia khususnya di dunia akuntasi, sekaligus sebagai wacana berpikir akan perbedaan informasi yang mereka peroleh dan beragam informasi dari berbagai daerah.

Jaringan Mahasiswa Akuntansi Indonesia (JMAI) yang dibangun berdasarkan semangat kebersamaan merupakan suatu wadah yang berbentuk jaringan yang berfungsi sebagai wahana sharing informasi diantara mahasiswa akuntansi Indonesia dan juga sebagai ajang untuk berperan serta dalam mengkomunikasikan pemikiran-pemikiran konstruktif guna terwujudnya transparansi dan akuntabilitas sosial.

Foto bersama para delegasi HMJA di Temunas tahun 2009 di Unsoed, Semarang

Dari pertemuan seminar nasional di SILIWANGI pada tahun 1998, seluruh mahasiswa akuntansi se-Indonesia yang hadir pada saat itu telah mulai merumuskan suatu kegiatan khusus bagi mahasiswa akuntansi yang pada saat itu sangat sedikit memperoleh informasi mengenai dunia akuntansi. Namun, pada pertemuan tersebut belum tercapai kesepakatan akan berbentuk seperti apakah kegiatan tersebut, akan tetapi di sinilah embrio awal terbentuknya JMAI dan hasil dari temu nasional pada saat itu adalah merumuskan membentuk wadah komunikasi bagi mahasiswa akuntansi dan akan dibahas pada pertemuan nasional berikutnya.

Pada pertemuan seminar nasional akuntansi tahun 1999 di UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA, para mahasiswa yang hadir di sana pun kembali membahas tentang rencana kegiatan yang berhubungan dengan akuntansi dan merupakan kelanjutan dari pembahasan di Siliwangi. Pada pertemuan ini mahasiswa berhasil menetapkan gagasan tentang pembentukan Jaringan Mahasiswa Akuntansi Indonesia Nasional. Namun, pembahasan lebih lanjut dilakukan di UNIVERSITAS INDONESIA.

Pada bulan Maret 2000, di UNIVERSITAS INDONESIA, dalam diskusi panel ilmiah kembali diadakan pertemuan dan dialog nasional akuntansi. Di sinilah pada awalnya terbentuk kesepakatan tentang kegiatan yang akhirnya dibentuk dengan nama JMAI (JARINGAN MAHASISWA AKUNTANSI INDONESIA) dan mulai merumuskan arah kegiatannya, bentuk komunikasi dan mendata para anggotanya. Mengingat anggota JMAI adalah seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia baik negeri maupun swasta yang memiliki jurusan akuntansi, maka untuk mempermudah koordinasi masing-masing anggota dibagi menurut daerah yang terdekat dan disatukan dalam bentuk SIMPUL.

Foto bersama para delegasi HMJA di Temunas tahun 2009 di Unsoed, Semarang

Pertemuan selanjutnya dilakukan di UNIVERSITAS DIPONEGORO, pada bulan November 2000, pada pertemuan ini masing-masing simpul telah mulai melakukan progress report tentang hasil penyebaran informasi yang telah dilakukan di masing-masing simpul. Pada pertemuan ini para mahasiswa mulai menyusun legalitas hukum JMAI, bentuk dan menentukan cara yang paling efisien dan efektif dalam penyebaran informasi selain pertemuan nasional yang saling berkesinambungan setiap tahunnya minimal satu kali.

Pada pertemuan di UNIVERSITAS GADJAH MADA, selain melakukan seminar nasional, mahasiswa se-Indonesia juga berhasil mencapai kesepakatan untuk mendeklarasikan Jaringan Mahasiswa Akuntansi Indonesia yang disetujui oleh seluruh mahasiswa akuntansi se-Indonesia yang diwakili oleh wakil-wakil mereka yang hadir pada saat itu. Maka tepat pada tanggal 23 April 2001, pukul 09.35 WIB, bertempat di asrama haji Yogyakarta. JARINGAN MAHASISWA AKUNTANSI INDONESIA (JMAI) resmi DIDEKLARASIKAN. Dalam sidang TN (Temu Nasional)-JMAI Yogyakarta, para mahsiswa berhasil merumuskan bentuk kegiatan JMAI, Visi, Misi, dan Tujuan Strategis JMAI ke depan. alur hubungan masing-masing simpul, keanggotaan, dan alat komunikasi yang dipilih. Adapun hasil dari sidang pleno ini nantinya akan disebarluaskan dan dilaksanakan di masing-masing simpul yang nantinya akan dilaporkan pada TN-JMAI berikutnya.

Foto bersama para delegasi di Lawang Sewu, Semarang

Pada pertemuan JMAI di Bandung, yang bertempat di UNIVERSITAS PADJAJARAN pada bulan November 2001, di sini para mahasiswa membahas evaluasi kinerja JMAI. Salah satu hasil dari sidang komisi adalah mahasiswa sepakat membuat beberapa rkomendasi yang bertujuan untuk kepentingan intern dan ekstern yang nantinya akan diajukan kepada pihak-pihak yang berwenang. Di sini, peserta JMAI juga menyepakati pergantian kawasan temu nasional agar pertemuan dapat dilaksanakan di seluruh kepulauan Indonesia dan tidak hanya berpusat di Pulau Jawa.

Pertemuan selanjutnya berlokasi di pulau Sumatera tepatnya di UNIVERSITAS SUMATERA UTARA, pada bulan Mei 2002, pada pertemuan ini peserta TN-JMAI menyusun rencana untuk menjalin kerjasama dengan pihak yang berwenang seperti IAI dalam setiap kegiatan JMAI dan begitu pula sebaliknya. Melakukan penyesuaian-penyesuaian kurukulum inti mata kuliah akuntansi sesuai dengan kebutuhan masing-masing perguruan tinggi. Dalam salah satu bidang komisi yang membahas realisasi rekomendasi hasil sidang pleno di Bandung dan menyatakan hal-hal yang masih relevan akan ditindaklanjuti.

Pada pertemuan berikutnya yang diadakan di MAKASSAR, lebih tepatnya di STIE BONGAYA pada tahun 2003, para mahasiswa dari seluruh Indonesia membahas tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya, hal-hal yang masih relevan untuk dibahas dan rekomendasi-rekomendasi baik kepada pihak eksternal maupun kepada kondisi internal JMAI itu sendiri, pada pertemuan itu juga telah dibuat Standar Operational Procedure (SOP) yaitu aturan-aturan dan landasan dasar bagi pergerakan JMAI ke depan.

UNIVERSITAS MULAWARMAN, Samarinda menjadi tempat pertemuan mahasiswa akuntansi berikutnya pada taahun 2004, pertemuan ini, menghasilkan beberapa rekomendasi untuk melakukan perbaikan di dalam tubuh JMAI itu sendiri, mencoba untuk mensosialisasikan JMAI di tingkat nasional sehingga gaung dan gema JMAI lebih bisa terdengar dan mulai diperhitungkan dalam setiap moment akuntansi.

Untuk pertemuan berikutnya kembali lagi di pulau Sumatera, kali ini di UNIVERSITAS RIAU yang menjadi Tuan Rumah Temu Nasional JMAI 2005, pada pertemuan kali ini mahasiswa dari seluruh Indonesia mencoba membahas tentang perkembangan yang terjadi pada perekonomian Indonesia pada umumnya dan dunia akuntansi pada khususnya. Memperluas pemberian rekomendasi kepada pihak eksternal; seperti : IAI, Pemerintah Pusat, Dikti dan Pemerintah Daerah, diharapkan dengan adanya perluasan rekomendasi ini, JMAI semakin dikenal tidak hanya oleh kalangan akademis tetapi juga oleh Pemerintah.

Masih bertempat di pulau Sumatera, lebih tepatnya di UNIVERSITAS BUNG HATTA, PADANG. Temu Nasional dilaksanakan pada tahun 2006, dirangkum dalam FIESTA (Forum Imiah Ekonomi Studi Akuntansi). Temu Nasional mengjasilkan beberapa rekomendasi yang lebih mengarah kepada perbaikan kondisi internal organisasi., memperjelas pengertian Simpul, membentuk Koordinator masing-msing simpul, dan memperkuat jaringan dengan melakukan komunikasi yang lebih baik. Hasil lain dari pertemuan ini menetapkan Tuan Rumah berikutnya yang dikembalikan lagi untuk dilaksanakan di pulau Jawa yaitu di UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN, Jawa Tengah.

Di UNSOED, pertemuan merumuskan langkah-langkah nyata yang akan ditempuh JMAI dalam rangka perkembangannya menjadi organisasi mengingat lemahnya posisi JMAI jika hanya menjadi jaringan. Dalam pertemuan itu, masing-masing simpul diminta untuk mengadakan public hearing di simpulnya masing-masing tentang disepakati atau tidaknya JMAI berubah menjadi organisasi.

UNIVERSITAS HALUOLEO, KENDARI menjadi Tuan Rumah untuk Temunas JMAI 2008. Hasil yang sangat penting, di sana adalah ditandatanganinya nota kesepahaman untuk merubah status JMAI dari jaringan ke organisasi. Proses ini bukanlah hal yang mudah, banyak perdebatan yang muncul di sana. Namun itulah, pelajaran demokrasi yang kita dapat ambil di ajang itu.

Temunas selanjutnya diadakan kembali di pulau Jawa, tepatnya di UNIVERSITAS DIPONEGORO, SEMARANG. Agenda dalam temunas kali ini adalah membahas draft perangkat organisasi yang dibawa oleh masing-masing simpul untuk dirumuskan menjadi perangkat organisasi JMAI yang nantinya akan dibentuk. Namun inilah proses demokrasi, beberapa rekan perwakilan dari Simpul JATENG-DIY mengajukan PK (peninjauan kembali) tentang keputusan perubahan status JMAI dari jaringan ke organisasi. Namun hal tersebut belum ada titik temunya.

Delegasi HMJA FEUB dalam Temunas 2009, (ki-ka) Ketua HMJA FEUB periode 2009, Beny Hariawan, Dommy Adi, dan Bugar Yogi.

Pada tanggal 16-20 November 2009, diadakan Temu Nasional JMAI yang dikemas dengan nama Kongres Nasional JMAI. Acara tersebut diadakan di UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA, BANDUNG. Terdapat Seminar Nasional dan Kompetisi Debat bagi para delegasi dari masing-masing universitas. Kongres ini menghasilkan perubahan nama JMAI menjadi Ikatan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (IMAI) dan telah menjadi organisasi dengan adanya AD/ART, GBHO, dan GBHPK. Dalam kongres ini terbentuk pula sembilan wilayah dan dilengkapi juga dengan Dewan Pengawas Wilayah tersebut. Pada pertemuan selanjutnya adalah Musyawarah Kerja Nasional yang diadakan di UNIVERSITAS LANCANG KUNING, RIAU.

Tertarik dengan IMAI? Bergabunglah dengan grup IMAI di facebook dengan klik link di bawah ini. Akuntansi Tangguh, Akuntansi Bersatu. :)


artikel "Sejarah dan Perkembangan IMAI" oleh Sofyana Nurranti, Tim Unsoed 2009
foto oleh Bugar Yogi Hermawan

8 comments:

  1. skdr info bahwa Himpunan mahasiswa akuntansi fakultas ekonomi universitas tadulako di palu, sulawesi tengah akan mengadakan LOMBA KARYA TULIS AKUNTANSI NASIONAL yg mengangkat mengenai Akuntansi Sektor Publik (prposal & pamflet akan menyusul)....
    jadi mhon kerjasamax dr tmn2 brawijaya dlam hal partisipasi & publikasi kegiatan....
    ingin info lebih lanjut hbungi (indrawan 085298713258)

    BalasHapus
  2. lw gabung gimana caranya

    BalasHapus
  3. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Ekonomi di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii

    BalasHapus
  4. Salam IMAI SIMPUL SULSEL

    BalasHapus
  5. kalo mau mendaftar sebagai anggota IMAI bagaimana caranya? karena di kampus kami baru dibentuk HIMA Akuntansi.

    Nama : Hendra D Prasetya
    Jabatan : Ketua Umum HIMA Akuntansi
    Kampus : STIE Mahardhika Surabaya
    HP : 0856 2 335 355

    BalasHapus
  6. salam dari teman2 simpul jabar untuk semuanya :)

    ini FP kami di FB
    https://www.facebook.com/ImaiIkatanMahasiswaAkuntansiIndonesiaSimpulJabar

    ini blog
    http://imaisimpuljabar.blogspot.com/

    ini group kami
    https://www.facebook.com/groups/355439137836904/

    BalasHapus
  7. salam dari teman-teman simpul jabar untuk semuanya :)

    ini FP kami di FB
    https://www.facebook.com/ImaiIkatanMahasiswaAkuntansiIndonesiaSimpulJabar

    ini blog
    http://imaisimpuljabar.blogspot.com/

    ini group kami
    https://www.facebook.com/groups/355439137836904/

    BalasHapus
  8. perkensl saya mahasiswa STIE Bangkinang semester 1.mau nanya sm kakak2 gimana caranya gabung di IMAI ? terima kasih untuk infonya.
    twitter : @cynthiiadevii

    BalasHapus