Departemen Penelitian dan Pengembangan
Departemen Penelitian dan Pengembangan (Litbang) merupakan salah satu departemen di dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi FE-UB yang diibaratkan sebagai otak himpunan. Tugas dari departemen ini adalah :
1. Menyelenggarakan kegiatan berbasis keilmuan yang bertujuan sebagai fungsi penguatan terhadap budaya ilmiah prestatif mahasiswa akuntansi FEUB
2. Mempersiapakan dan mendesain pola kaderisasi mahasiswa akuntansi FEUB yang berorientasi pada bidang keilmuan
3. Berperan serta dalam kegiatan lingkup eksternal yang berorientasi pada keilmuan
4. Memfasilitasi potensi riset dan kreatifitas mahasiswa dalam bidang keilmuan
Semuanya itu diwujudkan dalam proker-proker yang dilaksanakan oleh departemen litbang diantaranya adalah Diskusi Cerdas, buletin bulanan, buletin tahunan, LKIP, dll. Departemen litbang juga menyediakan bank soal UTS maupun UAS, dan menyebarkan kuesioner ke mahasiswa akuntansi (non pengurus) sebagai salah satu bahan evaluasi 6 bulanan dan tahunan.
2. Mempersiapakan dan mendesain pola kaderisasi mahasiswa akuntansi FEUB yang berorientasi pada bidang keilmuan
3. Berperan serta dalam kegiatan lingkup eksternal yang berorientasi pada keilmuan
4. Memfasilitasi potensi riset dan kreatifitas mahasiswa dalam bidang keilmuan
Semuanya itu diwujudkan dalam proker-proker yang dilaksanakan oleh departemen litbang diantaranya adalah Diskusi Cerdas, buletin bulanan, buletin tahunan, LKIP, dll. Departemen litbang juga menyediakan bank soal UTS maupun UAS, dan menyebarkan kuesioner ke mahasiswa akuntansi (non pengurus) sebagai salah satu bahan evaluasi 6 bulanan dan tahunan.

Departemen Kewirausahaan
Departemen Kewirausahaan merupakan salah satu departemen yang berada dibawah naungan Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya (HMJA - FEUB). Departemen ini bertugas untuk mengembangkan jiwa dan skill kewirausahaan pengurus HMJA FEUB pada khususnya dan mahasiswa Jurusan Akuntansi FEUB pada umumnya. Meskipun secara struktural Departemen Kewirausahaan merupakan bagian dari HMJA, dalam hal keuangan Departemen Kewirausahaan diasumsikan sebagai entitas yang terpisah dari HMJA, yaitu sebagai anak perusahaan.
Adapun tujuan dari departemen kewirausahaan antara lain yaitu untuk meningkatkan pengetahuan pengurus HMJA pada khususnya dan mahasiswa Akuntansi FE UB pada umumnya mengenai kewirausahaan. Selain itu departemen ini juga berfungsi untuk memotivasi pengurus HMJA pada khususnya dan mahasiswa Akuntansi FE UB pada umumnya untuk menjadi wirausahawan, serta meningkatkan keterampilan berwirausaha pengurus HMJA (Departemen Kewirausahaan) dan mahasiswa Akuntansi pada umumnya.
Oleh karena itu departemen kewirausahaan ini ada untuk mewadahi dan mengembangkan potensi mahasiswa akuntansi FEUB dalam bidang kewirausahaan. Dalam pengembangannya, departemen kewirausahaan HMJA diharapkan dapat ikut serta dan berperan aktif dalam kegiatan kewirausahaan yang diselenggarakan pihak luar HMJA FEUB. Sehingga departemen kewirausahaan HMJA dapat berkembang tidak hanya di lingkup internal tapi juga eksternal. Selain itu sebagai anak perusahaan dari HMJA, departemen kewirausahaan juga menyelenggarakan usaha-usaha mandiri sebagai daya dukung keuangan HMJA FEUB.
Dengan demikian, departemen kewirausahaan HMJA diharapkan bisa menjadi wadah sebagai transfer knowledge yang baik khususnya dalam bidang kewirausahaan. Sehingga dari sini bisa diperoleh wawasan dan gambaran terhadap aplikasi dalam dunia kerja.
Dari departemen kewirausahaan kita belajar bagaimana menjadi besar dari hal yang kecil.
Depertemen Informasi Teknologi dan Administrasi
IT dan Administrasi berperan sebagai kesekretariatan HMJA FE UB, seperti menginventarisir seluruh aset dan mengumpulkan dokumentasi dari segala bentuk kegiatan himpunan. Serta mengembangkan teknologi dan mengaplikasikannya untuk operasional HMJA FEUB. IT dan administrasi meliputi 4 bagian, yaitu:
1. Administrasi
Bagian administrasi bertugas mengurus surat keluar, masuk, dan mengecek email himpunan. Selain itu juga bertugas membantu pendataan mahasiswa baru saat dilangsungkannya Interaksi dan mendata semua pengurus dan alumni pengurus.
2. Sistem IT
Bagian sistem IT bertugas membuat standar operasional prosedur sebagai panduan bagi pengurus HMJA FEUB saat akan melakukan sebuah program kerja dan membantu pengembangan media informasi, yang nantinya akan bekerja sama dengan departemen infokom. Bagian ini juga menyediakan aplikasi atau database untuk membantu operasional HMJA FEUB seperti aplikasi untuk kegiatan jual beli oleh departemen KWU dan pendataan pengurus serta alumni.
3. Inventaris dan Dokumentasi
Bagian inventaris dan dokumentasi bertugas untuk menginventarisir perabot yang ada di dalam himpunan dan menyimpan segala bentuk dokumentasi dan publikasi dari kegiatan yang diselenggarakan oleh HMJA FEUB. Selain itu juga bertugas untuk mendigitalkan dokumentasi lawas himpunan dan mendigitalkan bank soal sebagai bentuk pendokumentasian soal-soal UTS san UAS mahasiswa akuntansi FEUB, yang dalam pembuatannya akan bekerja sama dengan Departemen Litbang.
4. Balistik dan Pengadaan Barang
Balistik dan pengadaan barang bertugas untuk mengamankan segala perabot yang ada di dalam himpunan, dan melakukan pengadaan barang yang diperlukan oleh HMJA FEUB.
1. Administrasi
Bagian administrasi bertugas mengurus surat keluar, masuk, dan mengecek email himpunan. Selain itu juga bertugas membantu pendataan mahasiswa baru saat dilangsungkannya Interaksi dan mendata semua pengurus dan alumni pengurus.
2. Sistem IT
Bagian sistem IT bertugas membuat standar operasional prosedur sebagai panduan bagi pengurus HMJA FEUB saat akan melakukan sebuah program kerja dan membantu pengembangan media informasi, yang nantinya akan bekerja sama dengan departemen infokom. Bagian ini juga menyediakan aplikasi atau database untuk membantu operasional HMJA FEUB seperti aplikasi untuk kegiatan jual beli oleh departemen KWU dan pendataan pengurus serta alumni.
3. Inventaris dan Dokumentasi
Bagian inventaris dan dokumentasi bertugas untuk menginventarisir perabot yang ada di dalam himpunan dan menyimpan segala bentuk dokumentasi dan publikasi dari kegiatan yang diselenggarakan oleh HMJA FEUB. Selain itu juga bertugas untuk mendigitalkan dokumentasi lawas himpunan dan mendigitalkan bank soal sebagai bentuk pendokumentasian soal-soal UTS san UAS mahasiswa akuntansi FEUB, yang dalam pembuatannya akan bekerja sama dengan Departemen Litbang.
4. Balistik dan Pengadaan Barang
Balistik dan pengadaan barang bertugas untuk mengamankan segala perabot yang ada di dalam himpunan, dan melakukan pengadaan barang yang diperlukan oleh HMJA FEUB.

Departemen Informasi dan Komunikasi
Departemen INFOKOM (Informasi dan Komunikasi) adalah satu dari lima departemen di HMJA yang berfungsi untuk menjalankan aspiratif melalui optimalisasi forum komunikasi antar elemen dan secara intensif dan terpadu. Departemen Infokom juga berfungsi sebagai pengubung antara himpunan, jurusan, dan perusahaan. Selain itu juga sebagai penghubung dengan alumni dan organisasi kemahasiswaan dalam dan luar KMFE atau organisasi akuntansi dalam lingkup nasional.
Adapun sub departemen dalam Infokom adalah:
1. Media
Sub departemen ini bertugas menjalankan dan mengembangkan media informasi HMJA FEUB (Facebook, Twitter, Youtube, Blog, dsb). Dalam sub departemen media terdapat admin yang bertugas untuk administrator dan controller dari HMJA media, content manager yang bertugas untuk menentukan isi dari HMJA media, editor yang bertugas untuk mengedit dan menata ulang hasil tulisan reporter, reporter yang bertugas untuk meliput semua kegiatan HMJA FEUB, fotografer yang bertugas untuk mengabadikan setiap kegiatan HMJA FEUB, dan desainer yang bertugas untuk mengatur tata letak dan layout media informasi.
2. Marketing
Sub departemen ini bertugas untuk mencari sponsorship dalam bentuk uang maupun jalinan kerjasama dalam bentuk jasa dengan perusahaan – perusahaan yang berada di Indonesia, untuk membantu pendanaan dalam kegiatan operasional HMJA dan proker HMJA selama satu tahun periode kepengurusan.
3. Humas
Sub departemen ini bertugas untuk menjalin komunikasi dengan pihak internal dan eksternal, contohnya organisasi kemahasiswaan dalam dan luar KMFE, pihak jurusan Akuntasi, alumni dan perusahaan. Sub departemen humas juga berperan sebagai contact person untuk HMJA FEUB, penyedia forum diskusi yang tersedia di dalam HMJA Media, dan penyedia informasi dari jurusan maupun pihak eksternal.
Adapun sub departemen dalam Infokom adalah:
1. Media
Sub departemen ini bertugas menjalankan dan mengembangkan media informasi HMJA FEUB (Facebook, Twitter, Youtube, Blog, dsb). Dalam sub departemen media terdapat admin yang bertugas untuk administrator dan controller dari HMJA media, content manager yang bertugas untuk menentukan isi dari HMJA media, editor yang bertugas untuk mengedit dan menata ulang hasil tulisan reporter, reporter yang bertugas untuk meliput semua kegiatan HMJA FEUB, fotografer yang bertugas untuk mengabadikan setiap kegiatan HMJA FEUB, dan desainer yang bertugas untuk mengatur tata letak dan layout media informasi.
2. Marketing
Sub departemen ini bertugas untuk mencari sponsorship dalam bentuk uang maupun jalinan kerjasama dalam bentuk jasa dengan perusahaan – perusahaan yang berada di Indonesia, untuk membantu pendanaan dalam kegiatan operasional HMJA dan proker HMJA selama satu tahun periode kepengurusan.
3. Humas
Sub departemen ini bertugas untuk menjalin komunikasi dengan pihak internal dan eksternal, contohnya organisasi kemahasiswaan dalam dan luar KMFE, pihak jurusan Akuntasi, alumni dan perusahaan. Sub departemen humas juga berperan sebagai contact person untuk HMJA FEUB, penyedia forum diskusi yang tersedia di dalam HMJA Media, dan penyedia informasi dari jurusan maupun pihak eksternal.

Departemen Sumber Daya Manusia
Departemen Sumber Daya Manusia, merupakan salah satu departemen yang ada di HMJA dan memiliki tugas mengembangkan serta menyalurkan sumber daya yang ada di akuntansi pada umumnya dan HMJA pada khususnya. Departemen SDM juga bertugas melakukan kaderisasi untuk menyiapkan kepengurusan HMJA selanjutnya. Untuk melaksanakan tugas tersebut secara optimal, SDM di bagi menjadi dua bagian yang tiap bagiannya dipimpin oleh seorang PJ (Penanggung Jawab) yang bertanggungjawab langsung terhadap Kepala Departemen SDM.
1. Kaderisasi
Berfokus pada program kaderisasi himpunan, dengan cara mengembangkan pengurus-pengurus yang ada di HMJA untuk memimpin dan menjalankan fungsi-fungsi yang ada di HMJA. Bagian ini, terdiri dari mahasiswa akuntansi yang berasal dari angkatan 2008 dan 2009. Mereka nantinya akan berperan sebagai SPV yang akan mengkoordinasikan pengurus lain untuk melakukan sharing knowledge antar pengurus dan memberikan pemahaman mengenai HMJA itu sendiri terutama bagi teman-teman 2010. Selain melakukan sharing knowledge melalui kegiatan-kegiatan formal, bagian ini juga memiliki kegiatan-kegiatan informal yang berfungsi sebagai sarana refreshing dan bertukar ilmu serta pengalaman
2. Minat Bakat
Seperti halnya namanya, bagian ini mengembangkan minat dan bakat mahasiswa akuntansi pada umumnya dan pengurus HMJA pada khususnya. Terdiri dari mahasiswa akuntansi angkatan 2008, 2009, dan 2010. Bagian ini, mengkoordinasikan proker-proker sehingga nantinya tidak terjadi “bentrok” panitia. Bagian ini nantinya akan merekomendasikan nama-nama (menyalurkan pengurus) pada proker-proker yang dilaksanakan HMJA.
1. Kaderisasi
Berfokus pada program kaderisasi himpunan, dengan cara mengembangkan pengurus-pengurus yang ada di HMJA untuk memimpin dan menjalankan fungsi-fungsi yang ada di HMJA. Bagian ini, terdiri dari mahasiswa akuntansi yang berasal dari angkatan 2008 dan 2009. Mereka nantinya akan berperan sebagai SPV yang akan mengkoordinasikan pengurus lain untuk melakukan sharing knowledge antar pengurus dan memberikan pemahaman mengenai HMJA itu sendiri terutama bagi teman-teman 2010. Selain melakukan sharing knowledge melalui kegiatan-kegiatan formal, bagian ini juga memiliki kegiatan-kegiatan informal yang berfungsi sebagai sarana refreshing dan bertukar ilmu serta pengalaman
2. Minat Bakat
Seperti halnya namanya, bagian ini mengembangkan minat dan bakat mahasiswa akuntansi pada umumnya dan pengurus HMJA pada khususnya. Terdiri dari mahasiswa akuntansi angkatan 2008, 2009, dan 2010. Bagian ini, mengkoordinasikan proker-proker sehingga nantinya tidak terjadi “bentrok” panitia. Bagian ini nantinya akan merekomendasikan nama-nama (menyalurkan pengurus) pada proker-proker yang dilaksanakan HMJA.
0 comments:
Posting Komentar