Departemen
Penelitian dan Pengembangan
Departemen Penelitian dan
Pengembangan (Litbang) merupakan salah satu departemen di dalam Himpunan
Mahasiswa Jurusan Akuntansi FEBUB yang diibaratkan sebagai otak himpunan. Tugas
dari departemen ini adalah :
1. Menyelenggarakan kegiatan berbasis keilmuan yang
bertujuan sebagai fungsi penguatan terhadap budaya ilmiah prestatif mahasiswa
akuntansi FEBUB
2. Mempersiapakan dan mendesain pola kaderisasi
mahasiswa akuntansi FEBUB yang berorientasi pada bidang keilmuan
3. Berperan serta dalam kegiatan lingkup eksternal yang
berorientasi pada keilmuan
4. Memfasilitasi potensi riset dan kreatifitas
mahasiswa dalam bidang keilmuan
Semuanya itu diwujudkan dalam proker-proker yang dilaksanakan oleh departemen litbang diantaranya adalah Diskusi Cerdas, buletin bulanan, buletin tahunan, LKIP, dll. Departemen litbang juga menyediakan bank soal UTS maupun UAS, dan menyebarkan kuesioner ke mahasiswa akuntansi (non pengurus) sebagai salah satu bahan evaluasi 6 bulanan dan tahunan.
Semuanya itu diwujudkan dalam proker-proker yang dilaksanakan oleh departemen litbang diantaranya adalah Diskusi Cerdas, buletin bulanan, buletin tahunan, LKIP, dll. Departemen litbang juga menyediakan bank soal UTS maupun UAS, dan menyebarkan kuesioner ke mahasiswa akuntansi (non pengurus) sebagai salah satu bahan evaluasi 6 bulanan dan tahunan.
Departemen
Kewirausahaan
Departemen Kewirausahaan merupakan
salah satu departemen yang berada dibawah naungan Himpunan Mahasiswa Jurusan
Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas
Brawijaya (HMJA - FEBUB). Departemen ini bertugas untuk mengembangkan jiwa dan
skill kewirausahaan pengurus HMJA FEBUB pada khususnya dan mahasiswa Jurusan
Akuntansi FEBUB pada umumnya. Meskipun secara struktural Departemen
Kewirausahaan merupakan bagian dari HMJA, dalam hal keuangan Departemen
Kewirausahaan diasumsikan sebagai entitas yang terpisah dari HMJA, yaitu
sebagai anak perusahaan.
Adapun tujuan dari departemen
kewirausahaan antara lain yaitu untuk meningkatkan pengetahuan pengurus HMJA
pada khususnya dan mahasiswa Akuntansi FEB UB pada umumnya mengenai
kewirausahaan. Selain itu departemen ini juga berfungsi untuk memotivasi
pengurus HMJA pada khususnya dan mahasiswa Akuntansi FEB UB pada umumnya untuk
menjadi wirausahawan, serta meningkatkan keterampilan berwirausaha pengurus
HMJA (Departemen Kewirausahaan) dan mahasiswa Akuntansi pada umumnya.
Depertemen
Informasi Administrasi dan Umum
Departemen Administrasi
dan Umum berperan sebagai kesekretariatan HMJA FEB UB, seperti
menginventarisir seluruh aset dan mengumpulkan dokumentasi dari segala bentuk
kegiatan himpunan. Serta mengembangkan teknologi dan mengaplikasikannya untuk
operasional HMJA FEBUB. IT dan administrasi meliputi 2 bagian, yaitu:
1.
Administrasi
Bagian administrasi bertugas mengurus surat keluar,
masuk, dan mengecek email himpunan. Selain itu juga bertugas membantu pendataan
mahasiswa baru saat dilangsungkannya Interaksi dan mendata semua pengurus dan
alumni pengurus.
2. Umum
Bagian Umum bertugas mengurusi operasional HMJA FEBUB
seperti menginventarisir perabot yang ada di dalam himpunan dan menyimpan
segala bentuk dokumentasi dan publikasi dari kegiatan yang diselenggarakan oleh
HMJA FEBUB. Selain itu juga bertugas untuk mendigitalkan dokumentasi lawas
himpunan dan mendigitalkan bank soal sebagai bentuk pendokumentasian soal-soal
UTS san UAS mahasiswa akuntansi FEBUB ,
yang dalam pembuatannya akan bekerja sama dengan Departemen Litbang. Serta bertugas
untuk mengamankan segala perabot yang ada di dalam himpunan, dan melakukan
pengadaan barang yang diperlukan oleh HMJA FEBUB.
Departemen
Informasi dan Komunikasi
Departemen INFOKOM (Informasi dan
Komunikasi) adalah satu dari lima departemen di HMJA yang berfungsi untuk
menjalankan aspiratif melalui optimalisasi forum komunikasi antar elemen dan
secara intensif dan terpadu. Departemen Infokom juga berfungsi sebagai
pengubung antara himpunan, jurusan, dan perusahaan. Selain itu juga sebagai
penghubung dengan alumni dan organisasi kemahasiswaan dalam dan luar KMFE atau
organisasi akuntansi dalam lingkup nasional.
Adapun sub departemen dalam Infokom adalah:
1. Media
Sub departemen ini bertugas menjalankan dan
mengembangkan media informasi HMJA FEB UB (Facebook, Twitter, Youtube, Blog,
dsb). Dalam sub departemen media terdapat admin yang bertugas untuk
administrator dan controller dari HMJA media, content manager yang bertugas
untuk menentukan isi dari HMJA media, editor yang bertugas untuk mengedit dan
menata ulang hasil tulisan reporter, reporter yang bertugas untuk meliput semua
kegiatan HMJA FEB UB, fotografer yang bertugas untuk mengabadikan setiap
kegiatan HMJA FEBUB, dan desainer yang bertugas untuk mengatur tata letak dan
layout media informasi. Serta menerbitkan buletin bulanan dan tahunan yang
bekerja sama dengan Departemen Penelitian Dan Pengembangan.
2. Marketing
Sub departemen ini bertugas untuk mencari sponsorship
dalam bentuk uang maupun jalinan kerjasama dalam bentuk jasa dengan perusahaan
– perusahaan yang berada di Indonesia, untuk membantu pendanaan dalam kegiatan
operasional HMJA dan proker HMJA selama satu tahun periode kepengurusan.
3. Humas
Sub departemen ini bertugas untuk menjalin komunikasi
dengan pihak internal dan eksternal, contohnya organisasi kemahasiswaan dalam
dan luar KMFEB UB, pihak jurusan
Akuntasi, alumni dan perusahaan. Sub departemen humas juga berperan sebagai
contact person untuk HMJA FEBUB, penyedia forum diskusi yang tersedia di dalam
HMJA Media, dan penyedia informasi dari jurusan maupun pihak eksternal.
Departemen
Sumber Daya Manusia
Departemen Sumber Daya Manusia, merupakan salah satu
departemen yang ada di HMJA dan memiliki tugas mengembangkan serta menyalurkan
sumber daya yang ada di akuntansi pada umumnya dan HMJA pada khususnya.
Departemen SDM juga bertugas melakukan kaderisasi untuk menyiapkan kepengurusan
HMJA selanjutnya. Untuk melaksanakan tugas tersebut secara optimal, SDM di bagi
menjadi dua bagian yang tiap bagiannya dipimpin oleh seorang PJ (Penanggung
Jawab) yang bertanggungjawab langsung terhadap Kepala Departemen SDM
1.
Kaderisasi
Berfokus pada program kaderisasi himpunan, dengan cara
mengembangkan pengurus-pengurus yang ada di HMJA untuk memimpin dan menjalankan
fungsi-fungsi yang ada di HMJA. Bagian ini, terdiri dari mahasiswa akuntansi
yang berasal dari angkatan 2009 dan 2010. Mereka nantinya akan berperan sebagai
SPV yang akan mengkoordinasikan pengurus lain untuk melakukan sharing knowledge
antar pengurus dan memberikan pemahamanmengenai HMJA itu sendiri terutama bagi
teman-teman 2011. Selain melakukan sharing knowledge melalui kegiatan-kegiatan
formal, bagian ini juga memiliki kegiatan-kegiatan informal yang berfungsi
sebagai sarana refreshing dan bertukar ilmu serta pengalaman
2. Minat Bakat
2. Minat Bakat
Seperti halnya namanya, bagian ini mengembangkan minat
dan bakat mahasiswa akuntansi pada umumnya dan pengurus HMJA pada khususnya.
Terdiri dari mahasiswa akuntansi angkatan 2009, 2010, dan 2011. Bagian ini,
mengkoordinasikan proker-proker sehingga nantinya tidak terjadi “bentrok”
panitia. Bagian ini nantinya akan merekomendasikan nama-nama (menyalurkan
pengurus) pada proker-proker yang dilaksanakan HMJA.
0 comments:
Posting Komentar