Apa itu LKIP?
LKIP (Lomba Karya
Inovatif dan Produktif) merupakan salah satu program kerja litbang HMJA yang
bertujuan mewadahi kreativitas dan produktivitas mahasiswa jurusan akuntansi
FEB UB dalam mengimplementasikan ilmu akuntansinya menjadi sebuah produk yang memiliki
inovasi dalam akuntansi. Kreasi yang di maksudkan dapat berupa penggembangan
software akuntansi yang telah ada, ataupun pembuatan software baru, pembuatan
modul dan lain sebagainya yang di harapakan dapat mempermudah dalam pemahaman
akuntansi ataupun yang akan bermanfaat bagi akuntansi ke depannya. Produk dari
lomba ini harus bisa diimplementasikan bukan hanya sekedar gagasan tertulis
yang belum pasti dapat diimplementasikan. Hasil dari LKIP ini sendiri akan di
realisasikan oleh jurusan akuntansi yang di harapkan dapat menjadi produk dari Jurusan Akuntansi
FEB-UB.
Apa Itu Akuntansi Aplikatif yang inovativ dan kreatif ?
Dunia yang semakin
maju tidak lepas akan adanya teknologi yang semakin berkembang salah satunya
adalah penggunaan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan. Hal ini memberikan
dampak yang besar dalam dunia akuntansi. Akuntansi merupakan kumpulan catatan
transaksi keuangan , yang berkaitan dengan kewajiban suatu perusahaan dalam
memperkirakan dan merekap semua transaksi. Termasuk dalam penyusunan laporan
dan penggunaannya. Melihat begitu kompleksnya pekerjaan orang-orang yang
bergelut dengan akuntansi diperlukan suatu akuntansi yang aplikatif .
Akuntansi
aplikatif yang inovativ dan kreatif merupakan penerapan konsep akuntansi secara
inovativ dan kreatif
agar memudahkan saat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dunia yang
semakin maju akan peradaban, memberikan dampak bagi pengaplikasian akuntansi itu sendiri. Akuntansi menjadi mulai dianggap penting bagi setiap lapisan masyarakat, hal ini bisa dilihat bahwa, terdapat program
dimana setiap warga di desa diwajibkan mendapat pembelajaran akuntansi. Oleh karena itu, akuntansi di
nilai sangat penting
dalam menunjang pengelolaan keuangan dalam kehidupan sehari-hari, di perlukannya
akuntansi aplikatif yang mudah tetapi juga inovativ dan kreatif. Harapannya dengan begitu banyak
penerapan konsep
akuntansi seperti untuk metode pembelajaran akuntansi agar lebih mudah
dalam mempelajari akuntansi, ataupun sebagai perhitungan anggaran belanja,
danlain sebagainya.
Aplikatif ini tidak hanya digunakan untuk sekedar merekap semua
yang berkaitan dengan aktivitas keuangan
seperti saham, keuntungan, pengeluaran, dan hasil transaksi, tetapi juga
dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang
dipastikan meningkatkan minat dan daya tangkap terhadap materi akuntansi
yag diajarkan. Hal ini dikarenakan media pembelajarannya dikemas dengan
mengangkat ide yang inovatif dan kreatif
Latar Belakang LKIP dan
Tema yang di usung
Fakta saat ini menunjukan bahwa metode pembelajaran yang
banyak di gunakan, terlebih di Jurusan Akuntansi FEB UB didominasi metode ceramah dan sangat monotone sehingga
menimbulkan efek, yaitu kurangnya untuk
mengimplementasikan ilmu yang mereka dapat. Tak dapat dipungkiri bahwa kehidupan setelah kuliah sangat membutuhkan sekali
mengenai skill yang berupa aplikasi dari pemahaman materi yang didapatkan di
bangku kuliah.
Akuntansi mengatur pengelolaan keuangan mulai dari
personal sampai dunia manufaktur yang pengelolaannya rumit. Kendala dalam dunia pembelajaran akuntansi, adalah
antara pengajar dan yang diajar mengeluhkan hal yang sama yaitu kerumitan. Akan
tetapi, mahasiswa yang disebut agent of
change belum dapat menciptakan produk untuk mengatasi masalah tersebut karena belum memiliki skill
yang cukup untuk membuat pengaplikasian akuntansi bagi media pembelajaran. Padahal sebagai mahasiswa akuntansi harusnya terbiasa untuk mengaplikasikan akuntansi dalam
kehidupannya. Hal tersebut dikarenakan sampai saat ini sebagian besar mahasiswa akuntansi, belum menerapkan pengaplikasian
akuntansi kedalam bentuk kongkretnya.
Lomba ini diharapakan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa S1 JAFEB UB yang ingin menciptakan produk aplikasi
akuntansi yang merupakan pengembangan dari ilmu akuntansi yang mereka dapatkan
di bangku perkuliahan. Sehingga ilmu yang mereka miliki nantinya dapat berguna bagi proses pembelajaran akuntansi yang selama ini dikenal
dengan kesan rumit. Selain itu, produk aplikasi akuntansi yang mereka buat
dapat menjadi suatu dorongan bagi orang lain yang ingin menciptakan produk
dengan tujuan yang sama secara inovatif dan kreatif, sehingga produk yang
mahasiswa S1 JA FEB UB hasilkan merupakan suatu produk yang dijadikan
acuan bagi khalayak lain.
Dengan tema yang sangat general ini di harapkan
mahasiswa akuntansi S1 dari seluruh angkatan dapat membuat karya inovatif dan kreatif dengan tema ini. Karena pada dasarnya akuntansi yang sangat rumit bisa di implementasikan
dalam penerapan media pembelajaran yang
menimbulkan efek positif yang sangat besar bagi pengajar maupun peserta
ajarnya.
Tujuan LKIP
1.
Untuk menggali kreatifitas mahasiswa khususnya mahasiswa Jurusan Akuntansi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.
2.
Untuk menciptakan suatu hasil atau produk nyata dengan metode akuntansi
yang nantinya dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari.
3.
Untuk lebih memahami Akuntansi dengan pengimplementasian ilmu dan praktik
langsung.
4.
Untuk mengenalkan Metode Akuntansi sederhana pada masyarakat luas.
5.
Untuk pengabdian masyarakat dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan riset
penelitian.
0 comments:
Posting Komentar